dari sabang sampai merauke indonesia
  • Home
  • Riau Raya
  • Pemko Dumai Gelar Pembekalan Kelompok Kerja Kampung KB
Jumat, 27 April 2018 08:42:00

Pemko Dumai Gelar Pembekalan Kelompok Kerja Kampung KB

Loading...
DUMAI, - Walikota Dumai Zul As memberi sambutan sempena acara Pembekalan Kelompok Kerja Kampung KB, Kampung KB menjadi program inovatif yang strategis dalam mengaplikasikan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di lapangan. 
 
Pasalnya, Kampung KB menjadi model atau miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh sektor di masyarakat. Selain itu, manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Intinya program ini melibatkan semua sektor pembangunan.  
 
Dengan kata lain, Kampung KB tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan.
 
Manfaat lain adalah membangun masyarakat berbasis keluarga, menyejahterakan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pelaksanaan integrasi program lintas sektor. Pembangunan lintas sektor dan kemitraan melibatkan peran bernagai pihak seperti swasta, Koalisi Indonesia Untuk Kependudukan dan Pembangunan, dan pemangku kepentingan lainnya.
 
Integrasi lintas sektor berupa pelayanan terpadu antar sektor yang menjadi kebutuhan masyarakat, seperti pelayanan KB, posyandu, PAUD, P2WKSS, dll. Harapannya dengan terlaksananya kampung-kampung KB ini, akan terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Secara umum, kampung KB ini dibentuk untuk meningkatkan kualitas hidup manusia di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
Hadirin Sekalian.
 
" Adapun  tujuan pembekalan yang kita laksanakan hari ini sangat berguna meningkatkan kualitas kader lapangan dalam menyelengarakan pelayanan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) sesuai dengan ketentuan daerah dan aspirasi masyarakat, agar dapat berjalan lancar dan tepat sasaran. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatan pencapaian keberhasilan program sampai kepada tingkat paling bawah yakni Kelurahan," kata nya.
 
Keberadaan Pokja sangat penting guna koordinasi segala program lintas sektoral yang diarahkan ke Kampung KB. Dibentuknya kampung KB bukan berarti selalu berkutat dengan urusan kependudukan, tetapi lebih pada peningkatan kesejahteraan di wilayah setungat RT yang tadinya dianggap tertinggal. Untuk itu berbagai program lintas sektoral diarahkan ke kampung KB sehingga kemiskinan dan masalah sosial lainnya dapat dituntaskan.
 
Penyelenggaraan pembekalan juga dimaksudkan sebagai sarana pembinaan untuk meningkatkan kapasitas kader lapangan yang tergabung dalam Pokja untuk mendukung Kota Dumai yang semakin sejahtera. Setelah pembekalan ini, diharapkan para kader dapat lebih termotivasi dalam ikut berpartisipasi melaksanakan program nasional KKBPK. 
 
Untuk itulah, dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para ibu dan kaum perempuan, para penggiat PKK di Kota Dumai, Para Aseptor KB yang tanpa lelah dan dengan penuh semangat telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat sampai ke tingkat akar rumput, sampai ke tingkat bawah. (infotorial/*).
Share
Loading...
Komentar

Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.