• Home
  • Riau Raya
  • Pengamat Ekonomi Riau Trian Zulhadi Soroti Pengangguran yang Kian Tinggi
Minggu, 10 November 2019 09:26:00

Pengamat Ekonomi Riau Trian Zulhadi Soroti Pengangguran yang Kian Tinggi

PEKANBARU - Pengamat ekonomi Riau soroti angka pengangguran yang kian tinggi dan minimnya solusi terhadap masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan di tanah melayu lancang kuning.

Menurut Trian Zulhadi yang juga Direktur Kajian Ekonomi Majelis Rakyat Riau (MRR) jumlah angka pengangguran di provinsi riau berkisar sekitar lebih kurang 190 ribu, ini merupakan angka yang sudah luar biasa.

Ditambahkannya pengadaan CPNS tahun ini tidak berdampak signifikan terhadap pengurangan angka pengangguran di Indonesia karena pengadaan CPNS itu antara peluang dan kesempatan kerja.

"tidak signifikan yang diterima, misalnya setiap formasi 1 orang sedangkan yang melamar 100 orang, nah tentunya tidak akan megurangi angka pengangguran secara umum", Imbuhnya.

"Pengadaan CPNS itu kan sebetulnya hanya menutupi dari Pegawai Negeri Sipil yang sudah pensiun saja, bukan mengatasi persoalan penganguran secara umum", tegas Trian Zulhadi kembali.

Lebih lanjut Trian Zulhadi memaparkan solusinya agar disetiap daerah Pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota hendak memprioritaskan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya dan melahirkan enterpreneur muda sebanyak mungkin, karena memang saat ini yang menjadi persoalan mendasar di Indonesia  adalah persoalan ekonomi.

Dari hasil kajiannya data yang berkembang jumlah angka pengangguran di Riau yang berkisar lebih kurang 190 ribu orang, sedangkan jumlah formasi CPNS 2019 di Riau 2316, jadi hanya 0, 012%, tidak sampai 1% pengadaan CPNS di Riau ini mengurangi angka pengangguran tersebut.

Sedangkan untuk indonesia, jumlah pengangguran berada dikisaran angka lebih kurang 134 juta, sedangkan formasi CPNS hanya 197 ribu, artinya juga tidak sampai 1% persen untk mengurangi jumlah pengangguran di indonesia maupun didaerah-daerah. (bu).

Share
Loading...
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.