Senin, 12 Mei 2014 13:25:00

Pengelolaan Cagar Budaya Inhu Terus ditingkatkan

cagar budaya. (ilustrasi)
riauone.com, rengat, ROC – Disporabudsata Kabupaten Inhu terus berupaya meningkatkan manajemen pengeloaan situs cagar budaya yang ada di daerah ini. Sehingga kedepan cagar budaya ini tetap lestari dengan manajemen yang lebih baik lagi.
 
                Hal itu diungkapkan oleh Kadisporabudsata Inhu Drs.Armansyah melalui Kabid Budaya, Mailiswin SSos menjawab riauone, Senin  (12/5) diruang kerjanya. Dikatakan, pihaknya tengah bekerjasama dengan Balai Kajian Cagar Budaya Riau Kepri yang berkedudukan di Batu Sangkar provinsi Sumbar, dalam merumuskan manajemen pengelolaan cagar budaya dimaksud.
 
                Selain itu juga dijalin kerjasama dengan Balai Arkeologi di Medan dalam pengelolaan cagar budaya yang ada di Inhu. Dari kerjasama ini akan ada sebuah buku terkait pengelolaan cagar budaya. “Kami sudah turun kelapangan dengan bersama tim dan masyarakat setempat, melihat potensi cagar budaya di Inhu,”ujarnya.
                Tahun 2014 ini ada pembangunan pagar di makam bersejarah di Japura Kecamatan Lirik dari APBN. Pengelolaan kegiatan fisik pembangunan pagar itu melalui BCB Batu Sangkar Sumatera Barat. Ditempat ini ada situs  cagar budaya bekas kerajaan Indragiri Raja Pura (Desa Japura). Yaitu Makam Raja Ismail dengan gelar Sultan Said Mudoyatsyah (Sultan Indragiri ke 21).
 
 Ada juga situs makam Raja Ismail dengan gelar Sultan Ismailiyah (Sultan Indragiri ke 22), Situs cagar budaya Makam Tengku Mun Alias Tengku Bujang Gelar Sultan Husinsyah (Sultan Indragiri ke 23). Situs Makam Panglima Hitam dan Situs Cagar Budaya Komplek Makam Pokeh (Mufti Kerajaan Indragiri).
 
Lebih jauh dijelaskan Mailiswin, Situs Cagar Budaya di wilayah Inhu terdapat di sejumlah kecamatan, yaitu Kuala Cenaku, Kecamatan Rengat, Kecamatan Batang Cenaku, Kecamatan Seberida, Kecamatan Batang Gansal, Kecamatan Rengat Barat, serta Kecamatan Lirik. Bahkan juga ada di Kecamatan Rakit Kulim, Pasir Penyu, Kecamatan Sei Lala, Kecamatan Peranap.(ari)
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Dialihkan Untuk Peningkatan PAD, Komisi II Nilai RKA 2020 di Bapenda Inhu Konsumtif dan Ceremonial

    RIAUONE, Inhu - Senilai lebih kurang Rp16,8 milyar Rencana Anggaran Kegiatan (RKA) tahun 2020 pada Organnisasi Perangkat Daerah (OPD) Badan pendapatan daerah (Bapenda) Kabupaten

  • 2 minggu lalu

    Harus ditutup, Alfamart dan Indomaret Dinilai Pengaruhi Eksistensi UMKM di Inhu

    RIAUONE, Inhu - Ada beberapa catatan penting terhadap kegiatan pemerintah daerah tahun 2020 mendatang di Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau, diantaranya keberadaan pasar moder

  • 3 minggu lalu

    Selain Amankan Ribuan Rokok Tanpa Cukai, Ini Juga diamankan Polres Inhu


    RIAUONE, Inhu - Luar biasa, hanya dalam hitungan jam, tim Buru Sergap (Buser) Narasinga Polres Inhu berhasil menggagalkan penyeludupan rokok illegal tanpa pita cukai.

  • satu bulan lalu

    Wisata dan Budaya Tanjungpinang Potensial untuk Dijual

    KEPRI, - Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto mengatakan bahwa kekayaan pariwisata dan budaya yang dimiliki Tanjungpinang cukup potensial untuk dipasarkan kepada wisatawan b

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.