• Home
  • Riau Raya
  • Program RHL Dishut Inhu dilakukan di sejumlah Kecamatan
Rabu, 07 Mei 2014 20:54:00

Program RHL Dishut Inhu dilakukan di sejumlah Kecamatan

riauone.com, Rengat, ROC - Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Dinas Kehutanan Kabupaten Inhu terus berlanjut. Untuk tahun 2014 ini kegiatan RHL akan dipusatkan di sepuluh kecamatan diwilayah Kabupaten Inhu.
 
                Demikian diungkapkan Kadis Kehutanan Inhu Ir.Suseno Adji MM menjawab riauone Rabu (7/5) diruang kerjanya. Dikatakan, RHL ini akan dikelola oleh kelompok tani yang mengusulkan proposal tahun lalu. Setelah dilakukan penilaian, pihak Dishut melakukan pembinaan kepada masyarakat sebagai kelompok tani.
 
                Jenis kayu yang ditanam adalah, tanaman yang bisa memberi manfaat kepada masyarakat dalam waktu panjang. Disamping merupakan penghijauan kembali lahan yang sudah gundul, maka tanaman dimaksud juga memberikan manfaat untuk masyarakat. Seperti duku dan jenis tanaman yang memberikan manfaat.
 
                Total lahan RHL tahun 2014 ini mencapai 600 Ha di sepuluh kecamatan, seperti di Batang Peranap, Peranap, dan Rakit Kulim, Batang Cenaku dan sejumlah kecamatan lain. “Kita menilai program RHL ini cukup baik, maka perlu kita lanjutkan untuk beberapa tahun kedepan,”ucapnya.
 
                Bahkan tahun 2015 mendatang hal ini akan diusulkan kembali untuk desa yang belum terakomodir tahun ini. Pihaknya juga akan mengaveluasi dan mengawasi pelaksanaan program ini, agar berhasil dengan baik, sehingga dana yang dikucurkan tidak sia-sia.  
 
                Agar tujuan mengembalikan fungsi lahan ke fungsi awal, maka pihaknya berharap kelompok tani juga memelihara tanaman itu dengan baik. “Itulah sebabnya sebelum dilaksanakan, mereka kelompok tani dibekali dulu cara pemeliharannya, ini dinilai penting supaya RHL bisa berhasil,”ucapnya.(ari)
 
Share
Berita Terkait
  • 7 jam lalu

    Isdianto Minta Kadisdik Kawal Proses Penerimaan Siswa

    KEPRI, PROVINSI, - Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto memerintahkan kepada seluruh Kepala Sekolah SMA Negeri dan SMK Negeri  untuk menerima semua siswa yang masuk dalam zonasi

  • 10 jam lalu

    Terkait Karhutla PT Arara Abadi, Formasi Riau dan Jikalahari akan Buat Laporan ke Presiden Jokowi

    PELALAWAN, - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun ini masih menjadi ancaman nyata di depan mata. BMKG memprediksi puncak musim kemarau di wilayah Sumatera akan terjadi ant

  • kemarin

    Hampir Punah, Nasib Rangkong Gading, Tak Henti jadi Target Buruan

    NUSANTARA, - Namanya, rangkong gading. Kalau di Kalimantan,  dikenal dengan nama enggang gading. International Union for Conservation of Nature (IUCN) memasukkan burung ini

  • satu bulan lalu

    Sungguh Tega..!! Anak Kandungnya Jadi Pelampiasan Nafsu Bejad Oleh Seorang Pria Warga Desa Kembang Damai

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Suguh keterlaluan tingkah laku orang tua yang tega, dan sampai hati anak kandungnya sendiri menjadi pelampia

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.