• Home
  • Riau Raya
  • Program RHL Dishut Inhu dilakukan di sejumlah Kecamatan
Rabu, 07 Mei 2014 20:54:00

Program RHL Dishut Inhu dilakukan di sejumlah Kecamatan

riauone.com, Rengat, ROC - Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Dinas Kehutanan Kabupaten Inhu terus berlanjut. Untuk tahun 2014 ini kegiatan RHL akan dipusatkan di sepuluh kecamatan diwilayah Kabupaten Inhu.
 
                Demikian diungkapkan Kadis Kehutanan Inhu Ir.Suseno Adji MM menjawab riauone Rabu (7/5) diruang kerjanya. Dikatakan, RHL ini akan dikelola oleh kelompok tani yang mengusulkan proposal tahun lalu. Setelah dilakukan penilaian, pihak Dishut melakukan pembinaan kepada masyarakat sebagai kelompok tani.
 
                Jenis kayu yang ditanam adalah, tanaman yang bisa memberi manfaat kepada masyarakat dalam waktu panjang. Disamping merupakan penghijauan kembali lahan yang sudah gundul, maka tanaman dimaksud juga memberikan manfaat untuk masyarakat. Seperti duku dan jenis tanaman yang memberikan manfaat.
 
                Total lahan RHL tahun 2014 ini mencapai 600 Ha di sepuluh kecamatan, seperti di Batang Peranap, Peranap, dan Rakit Kulim, Batang Cenaku dan sejumlah kecamatan lain. “Kita menilai program RHL ini cukup baik, maka perlu kita lanjutkan untuk beberapa tahun kedepan,”ucapnya.
 
                Bahkan tahun 2015 mendatang hal ini akan diusulkan kembali untuk desa yang belum terakomodir tahun ini. Pihaknya juga akan mengaveluasi dan mengawasi pelaksanaan program ini, agar berhasil dengan baik, sehingga dana yang dikucurkan tidak sia-sia.  
 
                Agar tujuan mengembalikan fungsi lahan ke fungsi awal, maka pihaknya berharap kelompok tani juga memelihara tanaman itu dengan baik. “Itulah sebabnya sebelum dilaksanakan, mereka kelompok tani dibekali dulu cara pemeliharannya, ini dinilai penting supaya RHL bisa berhasil,”ucapnya.(ari)
 
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    H. Zukri : DPRD Provinsi Riau Akan Panggil PT. Arara Abadi

    PELALAWAN - Terkait Persoalan sengketa lahan antara masyarakat Dusun Sei Medang, Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, dengan PT Arara Abadi, Wakil Ketua DP

  • satu minggu lalu

    Wow, Gaji Direksi dan Komisaris Rp3,2 Miliar Per Bulan, Ini Kata Pertamina

    NASIONAL, -  Gaji dan kompensasi yang diterima mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) disebut mencapai

  • 2 minggu lalu

    Dialihkan Untuk Peningkatan PAD, Komisi II Nilai RKA 2020 di Bapenda Inhu Konsumtif dan Ceremonial

    RIAUONE, Inhu - Senilai lebih kurang Rp16,8 milyar Rencana Anggaran Kegiatan (RKA) tahun 2020 pada Organnisasi Perangkat Daerah (OPD) Badan pendapatan daerah (Bapenda) Kabupaten

  • 2 minggu lalu

    Rekomendasi Belum Dijalankan, Ombudsman Ingatkan Nadiem Makarim

    NASIONAL, - Koordinator Pengampu Bidang Resolusi dan Monitoring Ombudsman Ninik Rahayu berharap kMenteri Kebudayan dan Pendidikan Nadiem Makarim menindaklanjuti rekomendasi untu

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.