• Home
  • Riau Raya
  • Rakor FK-BPD Inhu di Kantor Bupati, Ini Kesepakatannya
Senin, 07 Oktober 2019 17:14:00

Rakor FK-BPD Inhu di Kantor Bupati, Ini Kesepakatannya

Keterangan Foto: Peserta Rakor Perwakilan Forum Komunikasi Ketua BPD Kecamatan se Kab Inhu


RIAUONE, Inhu - Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK-BPD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) undang Ketua Forum BPD Kecamatan guna menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Gedung Rapat Raja Thamsir Rachman Lantai IV Kantor Bupati Inhu, Senin (7/10/2019).

Dalam pertemuan Rakor yang dihadiri dari 14 Kecamatan hanya yang berkesempatan hadir 12 Kecamatan dan seluruh perwakilan Ketua Forum BPD Kecamatan sepakat membahas kesejahteraan tentang hak Honor/Gaji anggota BPD yang selama ini ada perbedaan dengan Kabupaten tetangga dan sepakat menentukan ke jadwal pelantikan pengurus FK BPD se Kab Inhu.

Acara ini di Pimpin oleh Muzaini (Ketua), Pono (Sekretaris) dan  M Ali Fauzi (Bendahara) Forum BPD Kab dan seluruh Ketua Forum BPD perwakilan dari 12 Kecamatan di Inhu.

Ketua FK BPD Kab Inhu dalam arahannya sebagai anggota BPD Rakor diharapkan dapat menyamakan persepsi seluruh anggota BPD sehingga perannya dapat maksimal membangun wilayah kerjanya dikecamatan masing-masing. 

Lanjutnya anggota BPD harus dapat bersinergi terhadap pemerintah desa maupun kecamatan. “Jangan BPD tidak sinkron dengan kepala desa, tapi memang harus proporsional,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, FK BPD Kecamatan merupakan paru-paru Kabupaten Inhu karena itu, anggota BPD-nya harus memiliki pengetahuan yang luas untuk membangun desanya.

“Tahun ini kita akan adakan Bimtek (bimbingan teknis) untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas anggota BPD,” ucapnya.

Sementara itu, Pono, Sekretaris, berharap, forum BPD ini dapat menjadi wasilah (perantara) untuk menjalin silaturahmi antar sesama anggota BPD. “Selain itu, Forum BPD juga dapat menjadi wadah evaluasi dan intropeksi,” ujarnya.

Pono juga berharap, forum tersebut memiliki program kerja selama 5 tahun ke depan. “Setiap anggota harus memiliki gagasan dan ide terkait program kerja ke depan. Jangan hanya tukcing alias (diam),” ucapnya.

Salah satu Peserta Rakor Perwakilan FK BPD Kec Pasir Penyu, Junaidi alias (Jidot) dalam acara Rakor tersebut mengatakan pengurus Kabupaten membagikan ilmu dan pengalamannya terkait persoalan BPD.

Lanjut Junaidi, Forum BPD Kabupaten telah memberi warna terhadap pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, banyak hal tentang fungsi, wewenang, serta hak anggota BPD memiliki fungsi yang sangat strategis.

Diujung Rakor telah membuahkan kesepakatan bersama dengan FK BPD Kecamatan yang Hadir, Pertama menyepakati akan mengusulkan Honor Anggota BPD se Kab Inhu.  

Kedua, sepakat Pengurus FK BPD Kab Inhu akan membicarakan kepada Pemkab melalui Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Kabag Pemdes), Supandi menentukan kapan finalnya waktu pengukuhan Pengurus FK BPD se Kab Inhu.

Selama Rakor berlangsung dimulai pukul 10.00 Wib berakhir pukul 13.00 Wib stuasi dalam keadaan Aman dan Kondusif. (ydh) 

Share
Loading...
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.