• Home
  • Riau Raya
  • Resmikan Pasar Yang Sudah Pernah Diresmikan, Syamsuar: Sudah Tidak Ingat Lagi
Jumat, 16 Oktober 2020 17:38:00

Resmikan Pasar Yang Sudah Pernah Diresmikan, Syamsuar: Sudah Tidak Ingat Lagi

RIAUONE.COM,SIAK- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar kembali meresmikan Pasar Seri Kualo, kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Kamis (15/10/2020). Padahal, pasar itu sudah pernah diresmikan pada 17 Februari 2018 lalu, kala ia masih menjabat Bupati Siak. 

Acara yang dilaksanakan Syamsuar ini juga menyebabkan kerumunan orang, termasuk anak-anak. Bahkan fotonya memeluk anak-anak yang tidak memakai masker saat peresmian itu beredar luas dan menjadi perbincangan publik.

Di lokasi, Syamsuar mengaku tidak ingat lagi apakah sudah pernah meresmikan pasar itu atau belum. Namun saat tiba di pasar itu, ia juga melihat ada prasasti peresmiannya pada 7 Februari. Bahkan pada prasasti itu ia sendiri yang menandatanganinya.

"Kami tidak ingat apakah sudah diresmikan atau belum. Jika melihat prasastinya ini sudah diresmikan bersamaan dengan peresmian pasar Perawang sekitar 3 tahun lalu," kata Syamsuar.

Syamsuar beralasan, ia datang kembali sebagai gubernur Riau untuk meresmikan pasar itu karena dulu tidak sempat hadir. Dulu, hanya menandatangani prasasti saja. Selain itu ia juga beralasan diminta masyarakat untuk meresmikannya kembali.

Pada kegiatan itu, sebagian besar memang menggunakan masker. Tetapi kerumunan orang tidak sepenuhnya dapat dihindari. Syamsuar mencoba ramah dengan anak-anak yang hadir di pasar itu. Ia bertanya kepada anak-anak itu, apakah kenal dengan dirinya. Secara lugas, anak-anak itu pun menjawab kalau Syamsuar adalalah seorang bupati Siak. Lucunya, anak-anak itu menyangka Syamsuar adalah Alfedri yang menjabat Bupati Siak. Syamsuar hanya tersenyum kemudian berfoto bersama anak-anak tersebut.

Kegiatan itu juga mendapat prokontra di tengah masyarakat. Sebab, masyarakat Sungai Apit secara umum sudah mengetahui pasar itu sudah diresmikan sejak 3 tahun lalu. Kenapa pada masa Pandemi Covid 19 dan pada masa Pilkada ini Syamsuar membuat peresmian lagi. 

Padahal Gubri Syamsuar baru mengeluarkan maklumat pada 15 Oktober 2020 kemarin, tentang kepatuhan tentang kebijakan pemerintah daerah dalam penanganan Covid 19. Di dalam Maklumat nomor 248/ MAK/ 2020 itu, gubernur meminta masyarakat mematuhi penerapan protokol kesehatan dengan melaksanakan 4 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan menghindari kerumunan). Gubernur juga meminta untuk tidak melakukan aktifitas bersama-sama/ mengumpulkan massa/berkumpul dalam jumlah melebihi 5 orang dan tentang pengaturan kampanye Pilkada yang dibolehkan hanya untuk 50 orang.

Pada kegiatan Syamsuar di Sungai Apit itu juga masih terjadi kerumunan. Sebab, rombongan gubernur itu juga banyak dan makan siang mereka sama sekali tidak terlalu berjarak. 

Pada kegiatan itu hadir Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman, Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya, Kepala Kejari Siak Aliansyah, Camat Sungai Apit Wahyudi,  kepala Disperindag Siak Wan Ibrahim dan sejumlah staf.

 Laporan: Masroni

Share
Berita Terkait
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.