• Home
  • Riau Raya
  • Tidak Ada Mediasi, Kapolres Pelalawan : Eksekusi Lahan di Desa Gondai akan Tetap Dilanjutkan
Kamis, 16 Januari 2020 12:52:00

Tidak Ada Mediasi, Kapolres Pelalawan : Eksekusi Lahan di Desa Gondai akan Tetap Dilanjutkan

RIAU, PELALAWAN, - Penundaan eksekusi lahan seluas 3.323 Hektare (Ha) di Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau oleh tim gabungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan yang dikawal oleh Kepolisian Resort Pelalawan menjadi perhatian beberapa pakar hukum pidana, salah satunya Dr. Muhammad Nurul Huda SH, MH.

Dalam pernyataannya kepada media, Ia mengatakan penundaan eksekusi yang diputuskan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pelalawan itu boleh saja, tentunya berdasarkan pertimbangan keamanan dan ketertiban. Kendati demikian, ia tetap menegaskan bahwa kedepannya negara tidak boleh kalah.

Diketahui, penundaan eksekusi batal dilaksanakan karena dihadang oleh ratusan masyarakat yang mengklaim bahwa lahan perkebunan sawit yang akan di eksekusi tersebut adalah tempat mereka menggantungkan hidup. Padahal eksekusi lahan PT Peputra Supra Jaya (PSJ) itu berdasarkan keputusan Mahkamah Agung (MA) nomor 1087/Pid.Sus.LH/2018 tanggal 17 Desember 2018.

Sebelumnya Kapolres Pelalawan, AKBP M Hasyim Risahondua, S.IK memutuskan menunda proses eksekusi karena situasi tidak memungkinkan lagi, selanjutnya langkah persuasif diambil dengan cara melakukan mediasi antara pihak perusahaan yang berselisih bersama tokoh masyarakat adat.

Menanggapi mediasi yang rencananya akan dilaksanakan di Mapolres Pelalawan, Kapolres Pelalawan kembali  mengeluarkan pernyataan tidak akan ada mediasi karena keputusan MA tersebut sudah final dan harus dilaksanakan.

"Mediasi tidak jadi dilakukan karena putusan MA sudah final dan harus dilaksanakan", ujarnya kepada riauone.com,  Kamis (16/01/2020) melalui sambungan telepon.

Namun Kapolres Pelalawan belum bisa memberikan pernyataan kapan eksekusi lanjutan akan dilaksanakan. (tons).

 

Share
Berita Terkait
  • 6 jam lalu

    CUHK Business School Research Finds Managerial Participation by Family Members in Chinese Family Businesses Linked to Fewer Problematic Transactions


    HONG KONG,  - 9 April 2020 - Family ownership in modern corporations - despite being highly commonplace with household names such as Walmart, Volkswagen and Ford being

  • 12 jam lalu

    Pasien PDP Covid-19 di RSUD Puri Husada Meninggal Dunia

    RIAUONE.COM- Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus corona atau Covid-19 dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan Kabupaten Indr

  • 12 jam lalu

    Dua Pekan Lawan Covid-19, Kwarcab Pramuka Inhil Habiskan 52.000 Liter Disinfektan

    RIAUONE.COM -  Melawan perkembangan virus Corona atau Civid-19, tidak bisa dilakukan hanya begitu saja, tapi harus dengan cara masif atau berkelanjutan. Seperti yang dilaku

  • 13 jam lalu

    Ketua DPD PDI Perjuangan Riau Tinjau Posko Siaga Covid-19 di Desa-desa Pelalawan

    PELALAWAN - Ketua PDI Perjuangan Riau H. Zukri tinjau desa-desa yang telah mendirikan Posko Siaga Covid-19, kamis (09/04/20).

    Wakil ketua DPRD Riau ini melakukan kunjungan

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.