• Home
  • Riau Raya
  • Wakil Bupati H. Sulaiman Gelorakan Budaya Gotong Royong
Selasa, 14 September 2021 13:32:00

Wakil Bupati H. Sulaiman Gelorakan Budaya Gotong Royong

ROHIL, -  Ditengah derasnya arus Gelombang Globalisasi, tanpa disadari secara perlahan tapi pasti telah mempengaruhi dan mengikis nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia.

Budaya gotong royong yang menumbuhkan kembangkan persatuan dan kesatuan serta semangat kebersamaan sebagai pejawantahan  nilai-nilai luhur Pancasila, dirasakan semakin tergerus dari peradaban masyarakat Indonesia.

Mencermati perkembangan dan realitas diatas, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dibawah kepemimpinan " Dwi Tunggal" Bupati Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Rokan Hilir H. Sulaiman. SS, MH memandang perlu untuk menggeloran kembali Budaya Gotong Royong ditengah-tengah masyarakat Rokan Hilir, yang dikemas melalui "Gerakan Kamis Bersih".

Gerakan Kamis Bersih, dicanangkan Wakil Bupati Rokan Hilir H. Sulaiman. SS, MH, pada Minggu ketiga bulan Juni 2021 yang lalu, tepatnya sepuluh hari seteh Gubernur Riau H. Syamsuar melantik Afrizal Sintong dan H. Sulaiman. SS, MH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir Priode 2021 - 2026.

Pencanangan Gerakan Kamis Bersih Tingkat Kabupaten Rokan Hilir digelar di Jalan Kecamatan  Batu Enam Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, dengan  memberlakukan Protokol Kesehatan Covid 19, Kamis (18 Juni 2021).

Dihadapan para Kepala Organisasi Satuan Kerja Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan Datuk Penghulu serta perwakilan dari beberapa organisasi masyarakat yang hadir, Wakil Bupati H. Sulaiman. SS, MH dalam arahannya menyampaikan "Bahwa Gotong royong adalah istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan, dan kegiatan gotong royong merupakan cerminan dari perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.  Nilai luhur dalam gotong royong wajib dijaga ditengah derasnya arus globalisasi yang menerpa bangsa Indonesia.

Oleh karenanya  pada masa kepemimpinan Bupati Afrizal Sintong dan dirinya sebagai Bupati, ingin mengembalikan budaya dan semangat gotong royong tumbuh dan berkembang ditengah-tengah kehidupan sehari-hari masyarakat Kabupaten Rokan Hilir.

Gerakan Kamis Bersih yang dicanangkan diharapkan dapat menumbuhkan kembangkan kembali semangat kebersamaan,  adanya kesadaran dan tanggung jawab kolektif yang tinggi dan rasa memiliki.

Gotong-royong hendaklah atas dorongan dari hati dengan dibarengi kesadaran dan semangat untuk melakukan sesuatu, secara bersamasama, serentak dan beramai-ramai, tanpa memikirkan dan mengutamakan keuntungan bagi dirinya sendiri, melainkan selalu untuk memberikan manfat bersama, seperti terkandung dalam istilah 'Gotong.  Dengan semangat kebersamaan,  diharapkan masing-masing anggota masyarakat mendapat dan menerima bagian-bagiannya sendiri-sendiri sesuai dengan tempat dan sifat karyanya masingmasing, seperti tersimpul dalam istilah Royong.

Wakil Bupati H. Sulaiman menjelaskan bahwa Gotong Royong Kamis Bersih, menyimpan berbagai nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat. Beriku nilai luhur dalam gotong royong:

Menumbuhkan Kebersamaan; Gotong royong Kamis Bersih, harus lah mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama.

Menguatkan Rasa Persatuan;Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong Kamis Bersih, sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul.

Semangat Rela berkorban; Gotong royong Kamis Bersih mengajari setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang. Semua pengorbanan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama. Masyarakat rela mengesampingkan kebutuhan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama.

Meningkatkan Rasa Kepedulian; Gotong royong (Kamis Bersih) diharapkan membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain. Sekecil apapun kontribusi seseorang dalam gotong royong, selalu dapat memberikan  manfaat untuk orang lain.

Mempererat Interaksi Sosial; Di era modern, kehidupan masyarakat cenderung individualis.

Oleh karenanya, kegiatan Kamis Bersih dapat membuat semua elemen masyarakat  kembali sadar jika dirinya adalah maskhluk social, perlu saling mengenal dan peduli satu sama lain, menjadi wahana menjalin komunikasi menjadi lenbih baik, baik dilingkungan kerja, di sekolah maupun dilingkungan masyarakat dimana kita juga menjadi bahagiannya, sehingga interaksi sosialnya dapat terjaga keberlangsungannya.

Dipenghujung arahannya, Wakil Bupati H. Sulaiman. SS, MH meminta kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Para Camat, Lurah, Penghulu serta Pimpinan Instansi Pemerintah lainnya, kiranya untuk melaksanakan kegiatan Gotong Royong Kamis Bersih ini, baik dilaksanakan dilingkungan kerjanya, maupun dilingkungan masyarakat luas. Bilamana Kegiatan ini dapat kita gelorakan menjadikan gerakan bersama, maka dengan itu pula Budaya Gotong royong yang menumbuhkan kembangkan persatuan dan kesatuan serta semangat kebersamaan sebagai pejawantahan  nilai-nilai luhur Pancasila, dapat pula kita implementasikan ditengah-tengah kehidupan kita secara konsisten dan berkesenambungan, pungkasnya. (MC/*).

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.