• Home
  • Riau Raya
  • Malam ini Masjid Agung Istiqomah Bengkalis akan Gelar Sholat Gerhana Bulan
Rabu, 31 Januari 2018 18:41:00

Malam ini Masjid Agung Istiqomah Bengkalis akan Gelar Sholat Gerhana Bulan

Loading...
BENGKALIS, RIAUONEcom, - Sesuai perkiraan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rabu malam, 31 Januari 2018, akan terjadi Gerhana Bulan Total . Jika cuaca mendukung, kejadian langka ini dapat diamati di Indonesia, khususnya Kabupaten Bengkalis.
 
Atas dasar itu, Masjid Agung Istiqomah Kabupaten Bengkalis, bakal menyelenggarakan ibadah seperti dzikir dan solat gerhana, serta tausiah agama, yang dijadwalkan akan dimulai pukul 20.00 WIB, besok.
 
“Insya Allah, karena momen ini sangat langka, Masjid Agung Istiqomah akan menyelenggarakan solat gerhana,” ujar Ketua Umum Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, H Arianto, Selasa, 30 Januari 2018.
 
Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bengkalis ini, juga menghimbau sekaligus mengajak masyarakat Muslim di Pulau Bengkalis, untuk sama-sama hadir dan melakukan ibadah yang dianjurkan ini.
 
“Mari kita berdoa meminta perlindungan dan pertolongan dari Allah, agar kita semua tidak ditimpa musibah dan selamat dunia maupun akhirat. Karena sesuai hadits yang kami ketahui, bahwa Nabi Muhammad SAW, ketika melihat terjadinya gerhana, dengan bergegas masuk ke masjid, untuk melaksanakan sholat bersama para sahabat,” ajaknya.
 
Maka, lanjutnya, bukan malah melihat pristiwa langka itu dari mulai hingga normal kembali, melainkan Islam mengajarkan untuk melakukan ibadah dalam pristiwa yang langka terjadi ini.
 
“Jangan kita melakukan hal-hal yang tidak berfaerah. Sekali lagi kami menghimbau, mari sama-sama kita hadir di Masjid Agung Istiqomah,” sebutnya,  
 
Untuk diketahui, Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.
 
Sementara Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.(rul)
 
 
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Gerhana Bulan dan Supermoon Berbahaya bagi Ibu Hamil?

     
    oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
     
    KESEHATAN, - Rabu, 31 Januari 2018 menjadi hari yang dinanti-nanti oleh
  • 4 bulan lalu

    Siap-siap Gerhana Bulan Biru Kemerahan Rabu (31/1/2018) besok

    NASIONAL, - Planetarium dan Observatorium Taman Ismail Marzuki, Jakarta akan menggelar pengamatan Super Blue Blood Moon untuk publik, pada Rabu (31/1/2018). 
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.