• Home
  • Riau Raya
  • Disnakertrans Dumai Surati Perusahaan “Satpam Tak Dibenarkan Menjadi Anggota Serikat Pekerja”
Senin, 08 Januari 2018 19:50:00

Disnakertrans Dumai Surati Perusahaan “Satpam Tak Dibenarkan Menjadi Anggota Serikat Pekerja”

Loading...
DUMAI - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai mengeluarkan surat edaran kepada seluruh perusahaan di kota Dumai. Intinya mempertegas bahwa Satpam bukan anggota Serikat Pekerja (SPSI, SBSI dan sejenisnya)
 
Hal tersebut sesuai Surat Keputusan Bersama Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia  (Menaker RI)  dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri)  Nomor; B/194/I/2013/Baharkam tanggal 28 Januari 2013 tentang Satpam bukan anggota Serikat Pekerja.
 
“Satpam bukanlah anggota serikat pekerja dan tidak dibenarkan menjadi anggota organisasi serikat pekerja” tegas Kepala Disnakertrans Kota Dumai H Suwandi SH M.Hum dalam surat edaran yang dikirim  ke sejumlah  perusahaan BUMN, BUMD maupun perusahaan swasta di Dumai.
 
Surat Edaran tersebut  tembusannya dikirim kepada walikota Dumai, DPRD Kota Dumai, Disnakertrans Provinsi Riau serta Kapolres Dumai di Dumai.
 
Sehubungan dengan keputusan  Menaker RI dan Kapolri tersebut, kata Suwandi, seluruh perusahaan dan Serikat Pekerja/ Serikat Buruh (SP/SB) di kota Dumai untuk tidak mengikutsertakan security perusahaan atau anggota pengamanan di perusahaan  menjadi pengurus maupun anggota SP/SB.
 
“Acuan kita mengeluarkan surat edaran ke perusahaan untuk menegaskan bahwa Satpam tak dibenarkan menjadi anggota SP/SB  adalah Keputusan Bersama Menaker RI dan Kapolri Itu,” ujarnya.
 
Menurutnya, pihaknya (Disnakertrans) Dumai tak ada kepentingan dalam hal itu. Hanya saja, Keputusan Bersama Menaker RI dan Kapolri tertanggal 28 Januari 2013 tersebut belum pernah dibatalkan, sehingga dianggap masih berlaku.
 
“Kami tak ada kepentingan dalam hal ini,” tegas Kepala Bidang   (Kabid) Perselisihan Hubungan Industri dan Persyarakat Kerja Disnakertrans Dumai Muhammad Fadhly SH Senin (8/1/2018). (jon/zar).
 
 
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 2 jam lalu

    Mudik Masih Lama? Tetap Harus Siap dari Sekarang, Ini 4 Tips Penting Kalau Bawa Mobil Pribadi

    JAKARTA – Menyambut hari raya, tak luput dari acara silaturahmi ke sanak saudara yang berada di daerah berbeda dengan bermudik.

    Jika in

  • 2 jam lalu

    Dianggap Jadi Biang Kekalahan Liverpool, Ini Permintaan Maaf Loris Karius

    KIEV –Kiper Liverpool, Loris Karius menjadi sosok yang paling banyak disorot menyusul penampilannya di bawah mistar gawang di final Liga Champions

  • 3 jam lalu

    Jadi Pahlawan Kemenangan Real Madrid, Gareth Bale Marah pada Zidane!

    KIEV – Gareth Bale tampil menjadi pahlawan kemenangan Real Madrid di final Liga Champions musim ini yang digelar di Stadiom Olimpiade Kiev, Ukrain

  • kemarin

    Data Tidak Jelas, Dewan Inhil Minta Dishub Tertibkan Izin Trayek Angkutan Darat

    RIAUONE.COM,TEMBILAHAN-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil meminta kepada Dinas Perhubungan agar melakukan pendataan dan penertiban terhadap izin tra

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.