• Home
  • Riau Raya
  • Rayakan Hari Jadi Ke 184, Desa Payarumbai Gelar Pacu Sampan
Senin, 07 November 2016 07:21:00

Rayakan Hari Jadi Ke 184, Desa Payarumbai Gelar Pacu Sampan

Loading...
RENGAT - Merayakan hari jadinya yang ke 184, Desa Payarumbai Kecamatan Seberida menggelar pacu sampan cup yang dipusatkan di aliran Sungai Cenaku, Sabtu (5/11/2016).
 
Dibuka resmi oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto, kegiatan yang direncanakan berlangsung selama dua hari ini (5-6/11) dihadiri ratusan masyarakat yang antusias ikut serta dalam pembukaannya.
 
Bupati mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pacu sampan ini, terlebih kegiatan tersebut merupakan momen dalam rangka merayakan hari jadi Desa Payarumbai yang ke 184. Bupati juga berharap, dalam penyelenggaraannya kedepan dapat semakin ditingkatkan.
 
"Selamat kepada Desa Payarumbai yang merayakan hari jadinya ke 184. Saya juga mengapresiasi penyelenggaraan pacu sampan ini.
 
Saya berharap, kegiatan ini dapat terus ditingkatkan sekaligus dapat didukung dengan kegiatan positif lainnya misalnya pengobatan gratis," ungkap Bupati Yopi.
 
Menurut Bupati, jika dilihat dari usianya, sudah selayaknya Desa Payarumbai menjadi salah satu desa yang sejahtera. Untuk itu, sejauh ini Pemkab Inhu juga telah berupaya dalam peningkatan pembangunan salah satunya beberapa hari terakhir jaringan listrik telah dapat dirasakan oleh warga Payarumbai.
 
Sementara terkait dengan penentuan hari jadi desa."Saya berharap hal itu merupakan hasil kesepakatan bersama sehingga kedepan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, harapnya.
 
Selain itu, sebagai desa yang lokasinya berada dekat dengan aliran sungai, Bupati juga minta kepada pihak desa dapat membuat aturan-aturan terkait upaya dalam menjaga kelestarian sungai sekaligus pemanfaatannya, misalnya dengan penentuan jam aktivitas di sungai.
 
"Sebab, sejauh ini dibeberapa desa di Inhu Sungai merupakan salah satu wilayah yang rutin memakan korban setiap tahunnya," tambahnya. 
 
Sebelumnya, menurut Kepala Desa Payarumbai Rosman, penentuan hari jadi desa ini merupakan hasil dari musyawarah serta pengumpulan informasi dari  tokoh masyarakat desa.
 
"Berdasarkan cerita sejarah, Desa Payarumbai dahulunya telah dijadikan pemukiman warga yang awalnya bernama kelapa timbul, setelah kepemimpinan Raja Gagap tepatnya pada 3 November 1832 diubah nama menjadi Payarumbai. Kedepan,tidak ada perubahan lagi karena ini merupakan kesepakan bersama," jelas Rosman. (mcr/roc).
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Bupati Yopi Halal Bi Halal Bersama Masyarakat Rakit Kulim

    RENGAT, INHU, - Bupati Inhu H Yopi Arianto menggelar halal bi halal bersama masyarakat Kecamatan Rakit Kulim, Sabtu (30/7/2016). Pada acara yang digelar di halaman Kantor C
  • 2 tahun lalu

    Pekerjaan Tambahan PLTMG 10 MW Sudah Mencapai 90 persen

    RENGAT, INHU, RIAU,– Tambahan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin dan Gas (PLTMG) dengan daya 10 MW di Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) s
  • 2 tahun lalu

    Said Aqil Siradj Berikan Tausiyah Untuk Masyarakat Inhu

    RENGAT, INHU, - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj hadir di Kabupaten Inhu, Senin (2/5). Kehadiran pimpinan organisasi Islam terbesar di I
  • 2 tahun lalu

    328 Petugas Laksanakan Sensus Ekonomi di Inhu

    RENGAT, INHU, RIAU, - Sebanyak 328 petugas pencacah se Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) turun langsung lakukan pendataan terhadap penduduk di kabupaten Indragiri Hulu. Tidak
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.